Standar Kompetensi:
Memahami isi berita dari radio/televisi
Kompetensi Dasar:
9.1 Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di
mana, kapan, mengapa, dan
bagaimana) yang didengar dan atau ditonton melalui radio/televisi
bagaimana) yang didengar dan atau ditonton melalui radio/televisi
9.2 Mengemukakan kembali berita yang didengar/
ditonton melalui radio/televisi
Tujuan pokok pembelajaran berikut ini, Anda
diharapkan dapat:
· mampu mendengarkan berita dengan baik
· memahami inti berita yang telah didengar
· menemukan pokok-pokok berita yang telah didengar
· mengemukakan kembali berita yang didengar
Pengantar
Kegiatan mendengarkan sudah sering kita
lakukan baik dari siaran televise maupun radio. Informasi yang kita dapatkan
terkadang penting bagi kita terkadang juga tidak. Secara tidak langsung
informasi yang kita dapatkan dapat kita identifikasi unsure-unsur pokoknya
sehingga kita dapat menentukan informasi penting yang berupa inti berita pada
informasi yang kita dengar.
Deskripsi Materi
A. Menemukan Pokok-Pokok Berita
Radio/Televisi
Kemampuan mendengarkan berita merupakan
kemampuan yang penting pada era informasi ini. Untuk itu, pada bagian ini kamu
akan berlatih menyimpulkan isi berita dan memahami ciri penyiar dalam
membacakan berita!
Aktivitas pembelajaran yang harus kamu
lakukan untuk menguasai kompetensi menemukan pokok-pokok berita dari siaran
berita radio atau televisi adalah (1) mencatat rincian isi berita yang
didengar/ditonton dan (2) mencatat inti informasi dari berita yang
didengar/ditonton.
1. Mendengarkan Berita
Materi dalam pembelajaran keterampilan mendengarkan
berita pada dasarnya teknik mendengarkan dengan menyimak secara alami. Hanya
saja dalam pembelajaran ini menekankan pada aspek-aspek yang harus diperhatikan
ketika seseorang mendengarkan berita. Sama halnya dengan materi pembelajaran
berita, materi pokok dalam pembelajaran keterampilan mendengarkan berita
ditekankan pada kemampuan mengidentifikasi inti dalam sebuah berita. Inti dalam
sebuah berita ada pokok informasi (isi berita) yang disampaikan.
Berita adalah laporan tentang suatu peristiwa
atau kejadian. Biasanya peristiwa yang dilaporkan adalah sesuatu yang luar
biasa dan menarik perhatian banyak orang. Satu media dengan media yang lain,
sering melaporkan peristiwa yang sama. Berarti isi berita juga sama. Namun,
cara penyajian kedua media tersebut sering berbeda. Seperti kita ketahui bahwa
pokok-pokok (sering disebut unsur-unsur berita) meliputi 5W (what
= apa, who = siapa, where = di mana,
when = kapan, dan why = mengapa ) + 1H (how
= bagaimana).
Pada dasarnya teks berita disusun dengan alur
piramida terbalik. Itu artinya berita disajikan dengan cara mendahulukan hal
yang terpenting. Yang dianggap paling penting dan menarik disajikan pada awal
dan dijadikan teras berita. Bagian-bagian berikutnya adalah penjelasan atas
informasi utama yang disajikan. Hal inilah yang menjadikan perbedaan penyajian
dalam teks berita. Masing-masing penulis berita (wartawan) tidak sama
pendapatnya tentang pentingnya suatu hal.
2. Mencatat Rincian Isi Berita yang
Didengar/Ditonton
Dengarkanlah video siaran berita televise
yang sudah diunduh dan sudah tersedia di halaman weblog dengan cermat.
Pada halaman weblog berikut telah disediakan beberapa video siaran
berita dengan topik yang berbeda-beda. Sambil mendengarkan/menonton, catatlah
isi berita dengan teknik catat bersusun berikut! Hal-hal penting meliputi
pokok-pokok berita, yakni: apa, di mana, kapan, siapa,
mengapa, bagaimana (adik simba).
Isi berita adalah materi yang disampaikan dalam sebuah
berita. Untuk mempermudah dalam memahami isi berita. Untuk mengetahui isi
berita, dapat menggunakan kata tanya. Kata yang dimaksud adalah; apa, siapa, di
mana. kapan, mengapa, dan bagaimana. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan
rumusan 5 W + 1 H; what, who, where, when, why, dan how. Dalam
bahasa Indonesia biasa disingkat dengan istilah "adiksimba" (apa, di
mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana). Berikut penjelasan singkat tentang
isi berita:
- Apa : digunakan untuk menanyakan peristiwa.
- Siapa : digunakan untuk menanyakan orang yang terlibat
- Di mana : digunakan untuk menanyakan tempat kejadian
- Kapan : digunakan untuk menanyakan waktu kejadian
- Mengapa : digunakan untuk menanyakan sebab terjadinya peristiwa
- Bagaimana : digunakan untuk menanyakan jumlah, proses, akibat dsb.
Sumber : http://tr3wahyono.blogspot.com
Terima Kasih Telah Berkunjung
Judul: Pembelajaran Keterampilan Mendengarkan Berita
Ditulis Oleh Pengelola
Jika mengutip harap berikan link DOFOLLOW yang menuju pada artikel Pembelajaran Keterampilan Mendengarkan Berita ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatian anda
Judul: Pembelajaran Keterampilan Mendengarkan Berita
Ditulis Oleh Pengelola
Jika mengutip harap berikan link DOFOLLOW yang menuju pada artikel Pembelajaran Keterampilan Mendengarkan Berita ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatian anda
Tidak ada komentar :
Posting Komentar